Tips Dalam Memilih Program Studi

ADS HERE... ADS HERE...
Untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, merupakan dambaan bagi setiap siswa/siswi dan adik-adik yang baru saja menyelesaikan pendidikan pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas atau yang sederajat. Namun sebelum memilih program studi apa dan mana yang akan dipilih, tentunya terlebih dahulu harus dapat mengukur kemampuan yang dimiliki, menentukan bidang studi apa yang diminati dan menentukan jenis program pendidikan mana yang diinginkan.

Sebelum menjadi seorang calon mahasiswa, tentunya terlebih dahulu menanyakan pada diri sendiri, apa yang menjadi cita-cita saya, keahlian apa yang saya perlukan bila saya memilih karir tersebut, sanggupkah saya apabila menjadi mahasiswa belajar jauh dari orang tua serta berapa dana yang diperlukan seandainya memilih program studi tersebut.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih program studi adalah minat yang akan berkaitan dengan bidang studi yang hendak ditekuni. Untuk memilih bidang studi, jangan segan-segan untuk mencari informasi termasuk kepada orang tua, teman maupun guru. Lebih baik lagi jika bertanya kepada orang telah terjun langsung ke dunia kerja di bidang yang akan diminati atau dapat mencari informasi-informasi mengenai universitas atau perguruan tinggi mana yang menyelenggarakan bidang studi yang diminati dengan memanfaatkan fasilitas Internet, melalui website-website dari universitas atau perguruan tinggi yang dituju.

Dalam memilih program atau bidang studi hendaknya juga mempertimbangan biaya kuliah. Sebaikan terlebih dahulu bicarakan dengan orang yang akan membiayai kuliah, atau telilti keadaan keuangan yang dimiliki bila akan membiayai kuliah sendiri. Sesuaikan jumlah dana yang tersedia dengan biaya kuliah untuk program atau bidang studi yang akan dipilih pada suatu universitas atau perguruan tinggi. Karna apabila dana tidak mencukup adalah kerugian yang cukup besar, yaitu dana yang telah dikeluarkan sudah banyak, waktu terbuang percuma dan kuliah tidak selesai.

Di bawah ini ada beberapa saran dan tips yang dapat dijadikan pertimbangan ketika akan memilih suatu program atau bidang studi, antara lain :

• tentukan bidang studi apa yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki;
• tentukan dan pilih jurusan yang sesuai dengan cita-cita dan keahlian yang dimiliki;
• pertimbangkan biaya seandainya memilih bidang studi dan jurusan tersebut;
• lihat reputasi dari universitas atau perguruan tinggi yang dipilih;
• lihat status dari universitas atau perguruan tinggi yang dipilih;
• fasilitas pendidikan apa saja yang tersedia dari universitas atau perguruan tinggi yang dipilih; serta
• lihat kualitas dan kuantitas dosen yang dimiliki dari universitas atau perguruan tinggi yang dipilih.

Semoga saran dan tips tersebut dapat dijadikan pertimbangan bagi adik-adik dan para calon mahasiswa ketika akan memilih program studi dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi demi cita-cita dan masa depan.
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

0 komentar :

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa