Tips Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

ADS HERE... ADS HERE...
Ketika kita mengajukan surat lamaran pekerjaan, banyak perusahaan yang memandang surat lamaran sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran. Karena itu penting sekali bagi seseorang yang akan mengajukan surat lamaran pekerjaan agar dapat menulis surat lamaran yang baik.

Semoga tips di bawah akan membantu dalam penulisan surat lamaran.

1. Kesan Individual

Jika berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan menuliskan nama perusahaan yang benar pada surat lamaran yang akan dituju. Jika membuat surat lamaran yang ditujukan pada seseorang, gunakan nama dan jabatan yang spesifik jika mungkin. Secara khusus, untuk surat yang ditujukan pada seorang perempuan, jika tidak mengetahui status pernikahannya, gunakan awalan Ms. Contoh : Ms. Putri Renita.

2. Singkat dan Padat

Usahakan dalam menulis surat lamaran jangan bertele-tele. Tuliskan surat lamaran dengan singkat dan padat. Gunakan bahasa yang mudah. Gunakan kata-kata yang biasa digunakan. Tidak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca dengan menggunakan kata-kata yang sulit, dan jangan menulis surat lamaran lebih dari satu halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat lamaran. Surat lamaran yang terlalu panjang tidak efektif.

3. Rapi dan Bersih

Jika memungkinkan menggunakan komputer, maka gunakan program komputer untuk menuliskan surat lamaran agar dapat menuliskan surat lamaran yang rapi dan bersih sehingga mudah dibaca. Jika diminta menggunakan tulisan tangan maka gunakan tulisan tangan, namun hindari menggunakan tip-ex atau sejenisnya dalam surat lamaran.

4. Isi

Dalam surat lamaran, ada beberapa hal yang perlu dituliskan :

Pembukaan : Sebutkan di mana mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut. Contohnya, bisa menyebutkan bahwa mengetahui lowongan kerja tersebut dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, atau dari seorang teman.

Pekerjaan sekarang : Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan saat ini, juga perlu menceritakan secara singkat pencapaian utama dalam pekerjaan tersebut. Agar memberikan gambaran yang lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif.

Pendidikan : Jika latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi. Jika pernah mendapatkan pendidikan di sekolah yang cukup dikenal, ada baiknya menuliskannya di surat lamaran.

Penutup : Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa seorang pelamar mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya menyatakan kapan saat terbaik agar bisa dihubungi untuk proses selanjutnya, jangan lupa ucapkan "Terima kasih".

5. Proof Read

Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan dan memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tidak ada kata-kata yang diulang atau repetitif, dan tata bahasa yang digunakan sesuai.
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

0 komentar :

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa