Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan

Alangkah gembira dan beruntungnya hati kita masih dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh hikmah, berkah, pengampunan dan merupakan bulan kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan. Pada bulan Ramadhan diwajibkan berpuasa bagi orang – orang yang beriman, sebagaimana dalam firman Allah SWT:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa"
(QS.Al-Baqarah:183)

Ayat di atas menjelaskan bahwa puasa itu adalah wajib. Artinya jika dikerjakan berpahala, dan jika tidak dikerjakan kita berdosa.

Menurut syariat, puasa ialah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa (seperti makan, minum, hubungan kelamin, dan sebagainya) semenjak terbit fajar sampai terbenamnya matahari, dengan disertai niat ibadah kepada Allah,karena mengharapkan ridho-Nya dan menyiapkan diri guna meningkatkan taqwa kepada-Nya.

Beruntung bagi kita yang masih dapat berpuasa selama bulan Ramadhan, karena selain pahala yang berlipat, puasa juga dapat membersihkan rohani dan membersihkan jasmani yang melaksanakannya.

Puasa Ramadhan akan membersihkan rohani kita dengan menanamkan perasaan kesabaran, kasih sayang, pemurah, berkata benar, ikhlas, disiplin, terhindar dari sifat tamak dan rakus, percaya pada diri sendiri dan sebagainya.

Ibadah puasa Ramadhan akan membawa faedah bagi kesehatan ruhani dan jasmani kita apabila dilaksanakan sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan, jika tidak, maka hasilnya tidak seberapa, malah mungkin ibadah puasa kita sia-sia belaka, sebagaimana dalam Firman Allah SWT:

“Makan dan minumlah kamu dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”
(QS. Al-A’raf:31)

Banyak hikmah lain yang diperoleh dengan berpuasa di bulan Ramadhan. Berikut adalah beberapa hikmah yang diperoleh dengan berpuasa di bulan Ramadhan.

1. Mendidik kita supaya mempunyai perilaku yang luhur dan dapat mengontrol seluruh nafsu dalam keinginan dari biasanya.
2. Mendidik jiwa agar terbiasa dan dapat menguasai diri, sehingga mudah menjalankan semua kebaikan dan meninggalkan semua larangan.
3. Membiasakan kita agar berlaku sabar dan tahan uji.
4. Mendidik jiwa agar dapat memegang amanah sebaik baiknya, karena orang yang berpuasa sudah teruji menahan tidak makan dan tidak minum serta hal-hal yang membatalkannya.
5. Untuk mendidik kita agar tidak mudah terpengaruh dalam kemaksiatan karena sudah teruji menahan nafsu yang menjerumuskan le lembah maksiat.
6. Dari segi kesehatan, banyak para ahli kesehatan mengatakan bahwa puasa akan membuat badan kita menjadi sehat, terutama bagi yang menjalankan diet, maka dengan berpuasa akan lebih baik dietnya.
7. Untuk menambah rasa syukur kepada Allah SWT atas Rahmat dan Karunia yang telah diberikan kepada kita.
8. Menanamkan rasa cinta kasih sesama manusia, terutama terhadap orang-orang miskin dan menderita kelaparan. Dengan berpuasa, kita dapat merasakan nasib orang-orang miskin yang sengsara dan kelaparan sehingga kita memiliki rasa cinta kasih terhadap sesama dan lebih bersyukur kepada Allah SWT.

Demikian beberapa hikmah puasa yang dapat diperoleh, semoga dengan puasa Ramadhan yang sedang kita laksanakan, akan menambah keimanan kita kepada Allah SWT.

(Kutipan di atas diperoleh dari berbagai sumber bacaan tentang Puasa Ramadhan).
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

2 komentar:

  1. RIAU DAILY PHOTO mengatakan...:

    Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

  1. rendratwa mengatakan...:

    @ Riau Daily Photo..
    sama2... Selamat menunaikan Ibadah Puasa, smga dengan puasa ramadhan tahun ini dapat lebih meningkatkan keimanan kita... amin!

Poskan Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour | Modified by rendratwa