Tips Mencegah dan Mengurangi Bau Mulut Ketika Berpuasa

ADS HERE... ADS HERE...
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh hikmah dan merupakan bulan kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan, diantaranya terdapat 5 keutamaan pada bulan Ramadhan sebagaimana yang disabdakan Rosulullah SAW:

"Diberikan kepada ummatku 5 hal pada bulan ramadhan yang tidak diberikan kepada ummat-ummat sebelumnya: bau mulut seseorang yang berpuasa lebih wangi bagi Allah dari pada wangi misik. dan malaikat-malaikat mendoakan ampunan bagi orang-orang yang berpuasa sampai mereka berbuka. dan Allah menghiasi surga-Nya setiap hari seraya berkata : mereka para hamba-hambaKu yang harus merasakan kesusahan (demi) menuju kepadamu. dan dibelenggunya gangguan-gangguan setan maka setan-setan tidak bisa lagi menyesatkan sebagaimana mereka menyesatkan pada bulan-bulan yang lainnya. dan diampuni (dosa-dosa) mereka disetiap akhir malam. dikatakan kepada Nabi -sholallahu 'alaihi wasallam- : wahai Rosulullah, apakah itu lailatul qodar? beliau menjawab : tidak, akan tetapi setiap orang yang beramal diberi pahalanya kepada mereka setiap selesai mengerjakan amalannya."
(HR Ahmad, Al-Bazzar dan Al-Baihaqi dengan sanad yang lemah akan tetapi memiliki saksi-saksi)

Dijelaskan bahwa di antara  5 keutamaan yang terdapat pada bulan Ramadan adalah:

”Bau mulut orang yang berpuasa bagi Allah lebih wangi dari pada wangi misik”

Bau mulut orang yang berpuasa bagi Allah lebih wangi dari pada wangi misik, hal ini karena bau mulut disebabkan oleh amalan ketaatan yaitu puasa. akan tetapi bukan berarti seseorang yang berpuasa kemudian boleh untuk tidak memperhatikan kebersihan mulutnya sehingga dapat mengganggu orang lain di sekitarnya. Dikarenakan bau mulut tersebut tidak dapat dihindarkan pada waktu puasa, maka setiap orang yang berpuasa harus berusaha semaksimal mungkin agar orang di sekitarnya tidak terganggu oleh bau mulutnya.

Agar ibadah puasa di bulan Ramadhan tidak terganggu hanya karena persoalan bau mulut dan untuk mengurangi bau mulut selama menjalankan ibadah puasa, di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk mengurangi bau mulut selama menjalankan ibadah puasa.

Tips Mencegah dan Mengurangi Bau Mulut

1. Menjaga Kesehatan Mulut
Penyebab bau mulut orang yang sedang menjalankan ibadah puasa adalah karena bakteri. Untuk itu kita harus menjaga kebersihan mulut dan memastikan bahwa mulut selalu dalam keadaan bersih.

2. Menggosok gigi
segeralah untuk menggosok gigi setelah selesai makan, karena jika kandungan zat makanan masih menempel dalam mulut bisa menjadi pemicu timbulnya bau mulut. Menggosok gigi minimal 2 kali sehari setelah sahur dan sebelum tidur, hal ini akan mengurangi penyebab bau mulut selama puasa.

3. Membersihkan lidah.
Sehabis makan dan menggosok gigi, bersihkan lidah dari bakteri. Untuk membersihkan lidah bisa menggunakan sikat gigi, hal ini harus dilakukan untuk mengurangi bau mulut yang timbul dari sisa lapisan putih yang ada di atas lidah yang bisa menimbulkan bau tak sedap.

4. Berkumur menggunakan obat kumur.
Walupun efek dari obat kumur hanya sesaat, setidaknya dengan berkumur menggunakan obat kumur bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesegaran mulut selama berpuasa.

5. Minum air yang cukup
Mulut dalam keadaan kering merupakan salah satu penyebab bau mulut. Minumlah sebisa mungkin air yang cukup pada saat sahur dan setelah berbuka.

6. Kurangi minum kopi dan usahakan minum air teh
Minum teh disaat sahur atau berbuka. menurut beberapa sumber bacaan bahwa kopi dapat menciptakan lapisan tipis di lidah, lapisan tipis tersebut dapat menghambat pasokan oksigen ke lidah, dan membuat lingkungan yang sempurna untuk bakteri anaerob yang berkembang ketika ada oksigen sedikit atau tidak ada, dan disisi lain menyatakan bahwa dari hasil penelitian menyebutkan teh dapat membantu mencegah bau pada mulut.

7. Periksa kesehatan mulut
Penyebab bau mulut lainnya mungkin disebabkan oleh penyakit mulut, seperti penyakit gusi atau gigi yang berlubang yang bisa menimbulkan infeksi. Usahakan untuk memeriksa dan mengunjungi dokter gigi secara teratur.

Semoga bermanfaat.
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

0 komentar :

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa