Pesona Keindahan Berhala Telah Berlalu

ADS HERE... ADS HERE...
Berhala merupakan nama sebuah pulau kecil nan mungil, yang indah dan menawan fenomena pemandangan alamnya, berada di sebelah utara sebuah selat yang juga bernama Berhala. Di sekitarnya terdapat beberapa buah pulau-pulau kecil yaitu Pulau Manjen, Pulau Telor, Pulau Layak, Pulau Selumar, Pulau Nyirih dan Pulau Niur, di kelilingi oleh air laut kebiru-biruan dan jernih, pantainya landai, sebagian merupakan hamparan pasir kuarsa putih dan sebagian lagi berbatu. Pulau ini sangat cocok dijadikan sebagai obyek wisata bahari.(Pulau Berhala)

Polemik dan gonjang-ganjing yang terjadi selama ini tentang sengketa status kepemilikan Pulau Berhala, di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri antara Pemprov Kepri dan Pemprov Jambi, terjawab sudah. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 44 tahun 2011 menetapkan Pulau Berhala masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Namun terbitnya Permendagri ini, tidak otomatis membuat harapan masyarakat dan Pemprov Kepri pupus ataupun putus asa. Pemprov Kepri mengaku akan tetap berjuang dengan menempuh langkah hukum ke Mahkamah Agung, karena Permendagri yang ditetapkan pada 29 September 2011 dan diundangkan di Jakarta pada tanggal 7 Oktober lalu diduga melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 31 tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Lingga.(Haluan Kepri)

Dengan keluarnya permendagri ini tentu cukup mengejutkan warga Kepri, Kabupaten Lingga, tak terkecuali bagi warga Desa Berhala. Berbagai tanggapan, berbagai komentar pun muncul, terlebih lagi tepat disaat perhelatan pariwisata Lingga Fishing Festival yang akan digelar Pemkab Lingga di Pulau Berhala.

Permendagri Tentang Wilayah Administrasi Pulau Berhala

Pulau Berhala yang selama ini menjadi polemik dan berada pada posisi kesimpangsiuran dalam sengketa klaim Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pemerintah Provinsi Kepri, ternyata sudah dinyatakan sebagai milik Jambi dengan diterbitnya Permendagri Nomor 44 tahun 2011 tentang Wilayah Administrasi Pulau Berhala.

Dalam salinan Permendagri Nomor 44 tahun 2011 tentang Wilayah Administrasi Pulau Berhala menetapkan bahwa dalam Pasal 2, Pulau Berhala terletak di bagian utara Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi pada posisi 0º 51’ 34” Lintang Selatan (LS) dan 104º 24’ 18” Bujur Timur (BT), dan dalam Pasal 3, Pulau Berhala masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Peraturan ini di tetapkan di Jakarta pada tanggal 29 September 2011 oleh Menteri Dalam Negeri Gumawan Fauzi dan diundangkan di Jakarta pada tanggal 7 Oktober 2011 oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Patrialis Akbar, dan masuk dalam Berita Negara RI Tahun 2011 nomor 625.

Berhala Lingga Fishing Festival Tetap Lanjut


Dengan terbitnya Permendagri Nomor 44 tahun 2011 yang menetapkan Pulau Berhala masuk ke dalam geografis Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, tentu membuat masyarakat terkejut dan tentunya juga menimbulkan berbagai spekulasi dan tanggapan disaat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lingga sedang mempersiapkan perhelatan besar yakni BLFF (Berhala Lingga Fishing Festival) yang akan dilaksanakan di Pulau Berhala pada 14-16 Oktober 2011.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lingga telah menjadwalkan lomba memancing atau Lingga Festival Fishing di perairan Pulau Berhala pada Minggu (16/10) ini. Meskipun Pulau Berhala dinyatakan Permendagri Nomor 44 tahun 2011 masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, namun LFF 2011 di Pulau Berhala tetap akan diselenggarakan.

"Rencana untuk menggelar even LFF di Pulau Berhala tetap berjalan. Kita sudah agendakan ajang ini dari dahulu dan sudah dianggarkan. Jadi tetap seperti rencana semula. Cuma mungkin nanti saat digelar kita kordinasikan untuk pengamaman dengan aparat untuk lebih diperketat lagi. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lingga Junaidi yang juga mantan Camat Singkep, Rabu (12/10) di Lingga, seperti yang dikutip dari Haluan Kepri.

Referensi Link/Image :
http://www.facebook.com/note.php?note_id=113191318748348
http://www.haluankepri.com/news/nasional/19001-pulau-berhala-milik-jambi.html
http://www.kabarlingga.com/2011/10/13/kepri-kehilangan-berhala-siapa-yang-salah/
http://terkininews.com/node/10462/Pisah-dari-Kepri%2C-Warga-Berhala-Kecewa-
http://www.haluankepri.com/news/tanjungpinang/19057-warga-pulau-berhala-tolak-gabung-ke-jambi.html
http://www.depdagri.go.id/produk-hukum/archieve/peraturan-menteri/tahun/2011
http://tanjungpinangpos.co.id/2011/10/lff-pulau-berhala-dibanjiri-ratusan-peserta/
http://www.haluankepri.com/news/lingga/18982-lingga-festival-fishing-tetap-lanjut.html

>>> Pesona Keindahan Berhala Bersemi Kembali
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

1 komentar :

  1. Iskaruji dot com mengatakan... :

    Awalnya saya mengira "berhala" dalam pengertian sesembahan. Gak taunya sebuah pulau mungil nan indah di tengah laut. Dilihat dari screenshootnya memang tampak menawan Sob. Moga ini bisa menjadi daya tarik baru untuk wisata bahasa...nice post and happy blogging!

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa