Hari Guru Nasional Tahun 2011 dan HUT Ke 66 PGRI

ADS HERE... ADS HERE...

Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2011 dan HUT Ke 66 PGRI | Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2011 dan HUT Ke 66 PGRI

Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November, dan juga merupakan hari kelahiran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), sebagaimana telah ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 yang kemudian dimantapkan melalui Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Pada tanggal 25 November 1945, seratus hari setelah Indonesia merdeka, di Surakarta, Jawa Tengah, puluhan organisasi guru berkongres, bersepakat, berhimpun dan membentuk satu-satunya wadah organisasi guru, dengan nama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sejak lahir PGRI yang bersifat unitaristik, independen, dan nonpolitik praktis, adalah organisasi perjuangan, serikat guru, dan organisasi profesi guru, yang selalu berupaya mewujudkan guru yang profesional, sejahtera, dan bermartabat, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Dedikasi, tekad, dan semangat persatuan dan kesatuan para guru yang dimiliki secara historis tersebut perlu dipupuk, dipelihara dan dikembangkan sejalan dengan tekad dan semangat era global untuk masa depan bangsa. Dalam Undang-Undang Guru dan Dosen dinyatakan bahwa guru wajib menjadi organisasi profesi guru. Guru harus menjaga solidaritas dan soliditas bersama komponen lainnya. Guru harus berupaya menjaga kebersamaan dan menghindari perpecahan antar sesamanya.

Pada 25 November 2011 ini PGRI genap berusia 66 tahun. Usia yang cukup matang dan dewasa bagi sebuah organisasi. Selama kurun waktu tersebut, banyak pengabdian yang telah disumbangkan, banyak aktivitas yang telah dilaksanakan, banyak perjuangan yang telah dikerjakan, banyak kegiatan perlindungan terhadap anggota yang telah diberikan. Di samping itu, telah juga banyak peristiwa, persoalan, tantangan, dan kendala yang telah dihadapinya.

Pada tahun ini akan dilaksanakan peringatan Hari Guru Nasional bersamaan dengan HUT ke 66 PGRI, yang akan diperingati secara nasional. Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional bekerjasama dengan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia telah menyusun dan mengeluarkan pedoman sebagai acuan dalam rangka Pelaksanaan Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2011 dan HUT Ke 66 PGRI serta Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2011 dan HUT ke 66 PGRI baik di Tingkat Nasional maupun Daerah. Sejak tahun 1994 secara nasional telah dilaksanakan 17 (tujuh belas) kali peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI (Tahun dan tempat pelaksanaan dapat dilihat pada Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2011 dan HUT Ke 66 PGRI).

Tema Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2011 dan HUT Ke 66 PGRI

Tema
“Meningkatkan Peran Strategis Guru untuk Membangun Karakter Bangsa”

Sub Tema
“Peningkatan Kinerja Guru Untuk Pendidikan Bermutu”


File/Dokumen yang dapat diunduh :
- Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2011 dan HUT Ke 66 PGRI
Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2011 dan HUT Ke 66 PGRI

(Sumber bacaan dan file: http://www.pgri.or.id/berita-184-kerangka-acuan-kegiatan--hari-guru-nasional-2011.html, http://pusbangprodik.org)
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

2 komentar :

  1. Iskaruji dot com mengatakan... :

    Berarti bulan ini akan memperingati hari guru. Moga guru tetap menjadi pahlawan yang berjasa bagi muridnya...happy blogging

  1. rendratwa mengatakan... :

    @ Iskaruji Dot Com..
    yach benar Mas, somoga juga demikian.. terima kasih atas kunjungan, happy blogging

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa