Ditemukan Perangkap Jitu Basmi Tomcat - Serangga Tomcat

ADS HERE... ADS HERE...
Ditemukan Perangkap Jitu Basmi Tomcat - Serangga Tomcat, Dalam beberapa hari ini Serangga Tomcat semakin menjadi topik dan bahan berita terkini yang paling menghebohkan baik di dunia maya maupun di siaran televisi. Serangga Tomcat yang semula mewabah di Surabaya, Jawa Timur, mulai menyebar ke berbagai daerah. Seperti diketahui Serangga Tomcat yang memiliki nama lain Semut Semai dan Kumbang Rove ini dikenal sebagai serangga yang bisa menebarkan racun yang berbahaya. Racun dari serangga ini 12 kali lebih mematikan jika dibandingkan dengan bisa ular cobra. Akibat wabah yang disebarkannya tentu menjadikan kecemasan yang tentunya diperlukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan dari ancaman wabah serangga tomcat ini.

Ditemukan Perangkap Jitu Basmi Tomcat - Serangga Tomcat

Akhirnya... perangkap tomcat ditemukan!

Padang - Peneliti dari Kantor Ketahanan Pangan Kota Padang, Sumatera Barat, Rasmi R, menemukan perangkap sekaligus pengendali penyebaran hama tomcat. Akhirnya... pengendali tomcat ditemukan; alat itu dia namakan Radius Snare System (RASS) atau perangkap sistem jari-jari.

Perangkap serangga tomcat alias Paederus littoralis atau kumbang rove itu mudah dibuat. Pertama siapkan satu piring porselen berwarna putih, lalu letakkan pada halaman rumah yang berumput," kata Rasmi di Padang, Rabu.

Ia mengatakan, piring porselen diisi dengan air sampai hampir penuh, sisakan sekitar dua sentimeter dari bibir piring. Lalu tambahkan dua sendok minyak goreng. Atur posisi piring agar rata, kemudian ambil lidi sekitar 20 batang. Lalu letakkan di atas piring berisi air tadi dengan menancapkan ujung dan pangkal lidi ke tanah.

Fungsi lidi, katanya sebagai jembatan bagi tomcat untuk naik ke piring. Kemudian, tancapkan lidi sampai habis dengan persilangan tepat di tengah piring, sehingga membentuk jari-jari sepeda.

"Letakkan lampu tepat di atas piring dengan jarak sekitar 20 cm, lampu diberi cup kerucut dari karton atau sejenisnya, usahakan agak ceper," katanya.

Kalau malam tiba hidupkan lampu tersebut, matikan lampu dalam rumah, serangga ini akan tertarik dengan cahaya lampu yang dipasang. Tomcat akan merangkat naik lewat lidi yang dipasang, sampai di persilangan tengah serangga itu akan bingung mau ke mana dan akan bertabrakan dengan temannya, lalu jatuh ke air bercampur minyak sehingga mati lemas. Untuk lebih efektif dapat membuat beberapa unit perangkap sesuai keperluan dan seberapa hebatnya serangan yang terjadi akan dapat diatasi.

Rasmi menjelaskan, serangga tomcat tiba-tiba menggangu manusia, lebih akibat habitatnya terganggu atau terjadi karena ketidakseimbangan ekosistem. Serangga ini sudah ada sejak lama, namun karena lingkungannya tidak seimbang maka muncul masalah.

Dalam pertanian serangga ini termasuk predator bagi hama padi, seperti wereng, hama putih, walang sangit dana lainnya, namun karena kekurangan makananan akan berkeliaran ke permukiman penduduk dan juga cahaya lampu akan menariknya untuk masuk rumah.

"Kalau jenis serangga itu merasa terusik tomcat akan mengeluarkan racunnya yang menyebabkan kulit melepuh dan gatal serta panas," katanya.

Sumber: Antaranews.com
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

4 komentar :

  1. Iskaruji dot com mengatakan... :

    sederhana, baik cara kerja maupun pembuatannya. Moga ini bisa efektif untuk mengurangi hama tomcat...nice share and happy blogging!

  1. rendratwa mengatakan... :

    @Iskaruji dot com..
    benar Mas, semoga dapat mengurangi serangan wabah serangga tomcat ini.. mksih n happy blogging

  1. youhanto mengatakan... :

    oh jadi seperti itu to caranya, gak perlu pake semprtoan macem2 ya...

  1. rendratwa mengatakan... :

    @Youhanto..
    kalau menurut caranya kira2 seperti Sob.. terima kasih atas kunjungan...

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa