Museum Nasional Promosikan Karya Seni Indonesia melalui Google Art Project

ADS HERE... ADS HERE...
Google, setelah resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia beberapa waktu lalu, google kini mulai menjalankan program-programnya. Salah satunya dengan menggandeng Museum Nasional Indonesia untuk kolaborasi di Google Art Project.

Museum Nasional Promosikan Karya Seni Indonesia melalui Google Art Project

Google Art Project yang beralamat di www.googleartproject.com adalah aplikasi berbasis web yang menggunakan Google App Engine berbasis Java dan merupakan sebuah program kerjasama global yang dipelopori dan dipromosikan oleh Google dengan melibatkan 151 institusi kebudayaan yang berasal dari 40 negara. Museum Nasional Indonesia merupakan salah satu museum yang koleksinya ditampilkan di Google Art Project.

Dari Museum Nasional Indonesia, sebanyak 100 karya seni terpilih akan ditampilkan di situs Google Art Project. Karya-karya tersebut seperti koleksi batik tradisional, wayang kulit, kain bentenan hasil tenunan masyarakat Minahasa, dan benda peninggalan sejarah kerajaan tertua di Indonesia, seperti Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur.

Google Art Project, terdapat dua fitur utama yang ditampilkan pada aplikasi tersebut. Fitur pertama yaitu Museum View, fitur yang memungkinkan pengunjung situs untuk dapat menjelajahi galeri dan museum yang terdapat pada Google Art Project dan menelusuri ruangan museum secara virtual. Pengunjung situs dapat mengklik objek benda untuk kemudian mengamati benda itu lebih mendalam melalui fitur berikutnya, yaitu Microscope View, fitur kedua ini menggunakan aplikasi Picasa untuk menampilkan tampilan gambar karya seni dalam resolusi tinggi yang mampu memberikan detail objek benda dengan skala gigapixel yang diklaim memiliki resolusi 7 milyar atau sekira 1000 kali lipat lebih detail dari resolusi yang dihasilkan oleh kamera digital pada umumnya.

Seperti diberitakan, sejak diluncurkannya Februari 2011, Google Art Project telah berkembang pesat dan program Google Art Project telah menggandeng lebih banyak institusi kebudayaan dari berbagai negara. Tentunya dengan kehadiran galeri virtual ini, siapa pun di mana pun berada dapat menikmati keindahan batik Indonesia dan peninggalan seni nusantara secara online, serta dapat meningkatkan keinginan dan rasa ingin tahu untuk dapat melihat koleksi museum secara personal.

Untuk melihat informasi maupun foto dokumentasi mengenai Google Art Project dapat diakses melalui www.googleartproject.com. Videonya juga bisa dilihat melalui Youtube: www.youtube.com/googleartproject.
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

10 komentar :

  1. Iskaruji dot com mengatakan... :

    wah...ini cocok banget untuk mendapatk image koeksi museum tanpa perlu mengunjunginya...nice share and happy blogging!

  1. rendratwa mengatakan... :

    @Iskaruji dot com..
    benar Mas, dengan kehadiran galeri virtual ini tentu juga menjadi langkah penting untuk lebih memperkenalkan karya seni, serta keragaman sejarah, seni dan budaya Indonesia secara mendunia.. mksih atas kunjungan and happy blogging

  1. Yadi Karnadi mengatakan... :

    Benar-benar era-nya dunia virtual nih.....

  1. rendratwa mengatakan... :

    @Yadi Karnadi..
    iya nih Pak, kayanya udah eranya hhehe.. trma kasih atas kunjungan..

  1. Wisata Murah mengatakan... :

    Google Art Project ini terobosan yang bagus untuk media promo budaya dan sejarah ya.. thank a lot tuk Google Art Project yang sudah me review karya seni indonesia.. nice share n happy blogging

  1. rendratwa mengatakan... :

    @Wisata Murah..
    semoga dengan terobosan bersama layanan Google Art Project ini, karya seni serta keragaman budaya dan sejarah negeri ini semakin dikenal... thanks Mas atas kunjungan n happy blogging

  1. Zuhdi Travelife mengatakan... :

    nice post sob. ane uda masuk ke situsnya.. wowwww.. itu mah kereen bgt...

  1. Ahmad Zuhdi mengatakan... :

    mampir lagi sekedar nyambung silaturrahmi.. :)

  1. BlogS of Hariyanto mengatakan... :

    hebat..karya anak bangsa digarap tuntas oleh Google..selamat dech untuk prestasinya :)

  1. Ketolespreneur mengatakan... :

    car aunik google untuk melunakkan hati pemerintah :-)

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa