Fenomena Astronomi Spektakuler Transit Venus 6 Juni 2012

ADS HERE... ADS HERE...
Fenomena Astronomi Spektakuler Transit Venus 6 Juni 2012 - Fenomena astronomi spektakuler yang sangat langka, diperkirakan kembali akan terjadi pada Juni 2012 ini. Fenomena tersebut dikenal sebagai Transit Venus.

Fenomena Astronomi Spektakuler Transit Venus

Transit Venus 2012 diperkirakan akan terjadi pada Rabu, 6 Juni 2012. Karena terbilang langka dan sangat jarang terjadi, fenomena Transit Venus tentu akan menjadi pusat perhatian para astronom di seluruh dunia.

Transit Venus secara sederhana merupakan fenomena mampirnya Planet Venus di permukaan Matahari, Planet Venus berada di antara Matahari dan Bumi. Karena piringan Venus kecil, maka saat transit, planet Venus ini akan terlihat sebagai bintik hitam yang bergerak di permukaan matahari. Fenomena transit Venus ini juga disebut sebagai Gerhana Venus.

Fenomena Transit Venus terakhir terjadi pada tahun 2004 lalu. Periode terjadinya fenomena ini adalah 8, 121, 5, 8, dan 105,5 tahun. Pada 6 Juni 2012 nanti terhitung 8 tahun sejak Transit Venus terjadi pada sebelumnya, dan setelah tahun ini, Transit Venus baru akan terjadi 105,5 tahun lagi, 11 Desember 2117. (Transit Venus, Wikipedia)

Transit Venus 6 Juni 2012 nanti, akan terjadi sekitar pukul 05.14 hingga 11.50 WIB. Untuk mengamati Transit Venus sebaiknya menggunakan kacamata khusus dengan lapisan film perisai cahaya atau dengan teleskop yang telah dilengkapi filter Matahari. Karena jika diamati dengan menatap Matahari langsung, selain penampakannya terlihat sangat kecil, dikhawatirkan pengamatan tanpa pelindung dapat mengakibatkan kebutaan. Untuk pengamatan, jika memungkinkan lebih baik pergi ke planetarium atau observatorium terdekat.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Transit Venus dan melihat tabel kontak Transit Venus 2012 serta mengapa Transit Venus sampai harus diamati, dapat mengklik tautan ini.

Klik juga tautan ini, jika ingin mengetahui waktu transit di kotamu.
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

2 komentar :

  1. Anonim mengatakan... :

    Wow keren... thank's ya informasinya...

  1. Unknown mengatakan... :

    transit venus kali ini bertepatan dengan peringatan hari lahir Bung Karno.. :)

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa