Fenomena Keajaiban Langit di Bulan Juni 2012

ADS HERE... ADS HERE...
Fenomena Keajaiban Langit di Bulan Juni 2012 - Bulan Juni pada tahun ini menjadi bulan istimewa bagi penggemar dan pengamat yang suka melihat dan menyaksikan penampakan-penampakan di langit dengan fenomena alamnya. Beberapa fenomena langit atau fenomena astronomi mengagumkan dikabarkan akan terjadi di bulan ini.

Fenomena Keajaiban Langit di Bulan Juni 2012

Berikut empat fenomena langit atau fenomena astronomi mengagumkan yang kemungkinan besar akan terjadi dan dapat dilihat pada bulan Juni 2012 ini.

1. Gerhana Bulan
Gerhana Bulan merupakan suatu peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Gerhana Bulan terjadi saat Matahari, Bumi, dan Bulan terletak pada posisi segaris. Adapun Gerhana Bulan yang terjadi adalah Gerhana Bulan Sebagian (GBS) yang terjadi pada tanggal 04 Juni 2012.

Fenomena gerhana bulan sebagian ini akan mengalami puncak pada pukul 18.03 WIB, dan bisa dilihat oleh seluruh warga Indonesia. Wilayah yang bisa menyaksikan seluruh proses gerhana adalah Indonesia Timur.

Walaupun gerhana bulan sudah tidak asing lagi dan sering terjadi, namun fenomena ini tetap asyik untuk dinikmati.

2. Transit Venus
Transit Venus merupakan fenomena langit yang paling dinanti tahun ini, karena fenomena Transit Venus ini tergolong langka dan baru akan terjadi lagi tahun 2117.

Transit Venus adalah mampirnya Venus di muka Matahari. Venus berada di antara Bumi dan Matahari. Seperti diberitakan, fenomena Transit Venus ini akan terjadi pada 6 Juni 2012 pukul 05.14 hingga 11.50 WIB.

Untuk mengamati fenomena Transit Venus, pengamat diwajibkan menggunakan teleskop yang telah dilengkapi dengan filter agar tidak merusak mata. Wilayah terbaik untuk mengamati fenomena ini adalah di Indonesia Timur, dan seluruh proses transit bisa terlihat. Pada fenomena ini, kalangan astronom memanfaatkannya untuk melatih diri mengonfirmasi keberadaan planet dengan metode transit.

3. Segitiga Bulan, Venus, dan Jupiter
Fenomena lain yang kemungkinan juga akan terjadi yaitu pada tanggal 18 Juni 2012, Venus, Bulan, dan Jupiter akan membentuk formasi segitiga. Venus akan tampak terang dengan magnitud -4,08, sementara Jupiter bermagnitud -1,87. Fenomena ini dapat dilihat dengan mata telanjang.

Waktu untuk melihat fenomena ini sangat singkat, fenomena ini akan terlihat menjelang fajar, sekitar pukul 05.00 WIB. Sedikit terlengah, fenomena ini sudah akan hilang karena cahaya Matahari yang terang.

4. Segitiga Bulan, Mars, dan Saturnus
Pada tanggal 27 Juni 2012, kejadian yang sama diperkirakan akan terjadi juga pada planet lain. Planet bercincin atau Saturnus akan tampil dengan Bulan dan Mars membentuk segitiga. Fenomena ini dapat dilihat mulai setelah Matahari tenggelam hingga sekitar pukul 22.00 WIB.

Sumber, 4 Keajaiban Langit di Bulan Juni
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

2 komentar :

  1. Wisata Murah mengatakan... :

    Subhanalloh. semua serba terencana dan menakjubkan ya sob.. sepertinya kita harus ikutan monitor walau haya lewat internet atau tv. nice share n happy blogging

  1. rendratwa mengatakan... :

    @Wisata Murah..
    bener Mas, semua terjadi tentu atas kehendak-Nya. Iya juga sih, semoga dapat menjadikan pengetahuan bagi kita.. thanks n happy blogging.

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa