Ina Geoportal, Informasi Geospasial untuk Indonesia

ADS HERE... ADS HERE...
Ina Geoportal, Informasi Geospasial untuk Indonesia - Ina Geoportal, sebuah situs yang sedang dikembangkan sebagai gerbang untuk menuju berbagai data dan informasi geospasial.

Ina Geoportal, Informasi Geospasial untuk Indonesia

Data geospasial (DG) adalah data tentang lokasi geografis, dimensi, ukuran atau karakteristik objek alam maupun buatan manusia di atas permukaan Bumi. Sedangkan informasi geospasial adalah DG yang sudah diolah sehingga bisa digunakan sebagai alat bantu perumusan kebijakan atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan kebumian.

Ina-Geoportal berisi sistem informasi geografis dan merupakan portal untuk berbagi data dan aplikasi. Situs ini diperkenalkan oleh Kepala Bidang Metadata Badan Informasi Geospasial (BIG), Antonius Bambang Wijanarko, seperti dikutip dari Okezone.

Namun saat ini portal tersebut masih dalam tahap pengembangan atau beta, meskipun sudah bisa diakses siapapun melalui tanahair.net. Rencananya pada 2013 nanti akan diluncurkan versi rampungnya.

Perbedaan Ina-Geoportal dengan Google Maps

Dilansir Antaranews, peta dasar Ina-Geoportal dari Badan Informasi Geospasial (BIG) memiliki perbedaan konten dengan peta dasar ciptaan Google di Google maps, demikian dikatakan Kepala Bidang Metadata BIG, Antonius Bambang Wijanarko.

Sebagai contoh, peta Ina-Geoportal tidak dapat meninjau lokasi di mana seseorang sedang berjalan sekarang, karena data yang tampil merupakan data resmi pemerintah--yang menyediakan informasi publik seperti data infrastruktur berupa lokasi gedung rumah sakit.

Di sisi lain, masih kata Antonius, Google maps tidak mempertimbangkan aspek geometri atau kedetailan suatu obyek di dalam peta jika diperbesar.

"Jika dilihat dari sistem operasi yang mendukung situs, pengunjung memang tidak akan melihat perbedaan apapun. Apakah sistem operasi yang digunakan Ina-Geoportal dan Google maps terbuka atau berbayar," kata Antonius.

Tapi perbedaan yang mendasar antara Ina-Geoportal dan Google Maps, menurut Antonius, adalah bahwa peta Ina-Geoportal dapat dipertanggungjawabkan pengunaannya secara publik karena memiliki payung hukum yang jelas.

Badan Informasi Geospasial menyediakan peta dasar Ina-Geoportal yang meliputi jalan, gunung, ketinggian daratan, batas wilayah, garis pantai, dan sebagainya di laman tanahair.net.

Namun, Antonius mengatakan situs penyedia peta dasar Ina-Geoportal itu akan diluncurkan secara resmi pada 2013.

Badan Informasi Geospasial merupakan nama baru dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) sesuai Peraturan Presiden Nomor 94 tahun 2011.

Demikian sekilas share Ina Geoportal, Informasi Geospasial untuk Indonesia, semoga bermanfaat.
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

1 komentar :

  1. Wisata Murah mengatakan... :

    Ina Geoportal,ini beda dengan google maps ya sob. seperti lebih canggih ya.. nice info. happy blogging

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa