Kerangka Acuan Kegiatan Hari Guru Nasional dan HUT Ke-67 PGRI Tahun 2012

ADS HERE... ADS HERE...
Kerangka Acuan Kegiatan Hari Guru Nasional dan HUT Ke-67 PGRI Tahun 2012
Kerangka Acuan Kegiatan Hari Guru Nasional dan HUT Ke-67 PGRI Tahun 2012 - Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November, yang juga merupakan hari kelahiran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang diperingati secara bersama-sama.

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Dedikasi, tekad, dan semangat persatuan dan kesatuan para guru yang dimiliki secara historis tersebut perlu dipupuk, dipelihara dan dikembangkan sejalan dengan tekad dan semangat era global untuk masa depan bangsa. Dalam Undang-Undang Guru dan Dosen dinyatakan bahwa guru wajib menjadi organisasi profesi guru. Guru harus menjaga solidaritas dan soliditas bersama komponen lainnya. Guru harus berupaya menjaga kebersamaan dan menghindari perpecahan antar sesamanya.

Sebagai penghormatan kepada guru dan juga PGRI, Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal 25 November, yang juga hari kelahiran PGRI, sebagai Hari Guru Nasional, yang kemudian dimantapkan melalui Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Sejak tahun 1994 setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI secara bersama-sama.

Pada 25 November 2012 ini PGRI genap berusia 67 tahun. Usia yang cukup matang bagi sebuah organisasi, dan selama kurun waktu tersebut tentu sudah banyak pengabdian yang telah disumbangkan, banyak aktivitas yang telah dilaksanakan, banyak perjuangan yang telah dikerjakan, banyak kegiatan perlindungan terhadap anggota yang telah diberikan, dan di samping itu tentu juga banyak peristiwa, persoalan, tantangan, dan kendala yang telah dihadapi.

Pada tahun 2012 ini kembali akan dilaksanakan peringatan Hari Guru Nasional bersamaan dengan HUT ke-67 PGRI. Seperti tahun sebelumnya, sejumlah kegiatan direncanakan akan berlangsung mulai sebelum November 2012 baik di Tingkat Nasional maupun Daerah.

Dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT ke-67 PGRI Tahun 2012, sambil menanti pedoman HGN dan HUT PGRI yang ditandatangani bersama oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan PB PGRI, Pengurus Besar PGRI telah menerbitkan Kerangka Acuan Kegiatan Hari Guru Nasional dan HUT Ke-67 PGRI Tahun 2012.

Dari laman PGRI, berikut link untuk mengunduh Kerangka Acuan Kegiatan Hari Guru Nasional dan HUT Ke-67 PGRI Tahun 2012.

- Kerangka Acuan Kegiatan HGN Tahun 2012 dan HUT ke-67 PGRI

Update klik untuk mengunduh Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2012 dan HUT Ke-67 PGRI serta Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2012 dan HUT Ke-67 PGRI yang telah diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan Pengurus Besar PGRI.
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

1 komentar :

  1. Wisata Murah mengatakan... :

    info Hari Guru Nasional dan HUT Ke-67 PGRI Tahun 2012 ini kalender kegiatan PGRI yang wajib di unduh atau diketahui oleh para gutu ya pak. terimakasih sudah dishare

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa