Pulau Berhala Resmi Jadi Milik Kepri

ADS HERE... ADS HERE...
Pulau Berhala Resmi Jadi Milik Kepri--Pulau Berhala yang selama ini menjadi desas desus dan polemik kepemilikan antara Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, dengan Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), akhirnya berakhir. Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya memutuskan bahwa Pulau Berhala masuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Pulau Berhala Resmi Jadi Milik Kepri

Seperti diketahui sengketa kepemilikan Pulau Berhala dikarenakan adanya klaim dari Kepri dan Jambi, yang diakibatkan ketidaksinkronan beberapa undang-undang pembentukan daerah. Dan kabar terakhir, Mahkamah Konstitusi (MK) melalui putusan pada persidangan uji materi atas undang-undang yang terkait langung posisi Pulau Berhala, telah menyatakan bahwa Pulau Berhala menjadi milik Kepri.

Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Provinsi Jambi atas klaim Pulau Berhala masuk ke wilayahnya. Gugatan Jambi ditolak MK dalam sidang yang digelar, Kamis (21/2/2013). Dalam putusannya, MK menolak permohonan uji materi UU Nomor 31 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Lingga di Provinsi Kepri yang diajukan Provinsi Jambi, dan MK mengabulkan seluruh gugatan atas UU Pembentukan Provinsi Kepri yang diajukan Bupati Lingga, H Daria.

Keputusan MK tersebut sejalan dengan keputusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 49 P/HUM/2011 tanggal 9 Februari 2012. MK menguatkan keputusan MA yang sebelumnya juga telah memutuskan Pulau Berhala masuk wilayah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri.

Dengan keputusan MK Pulau Berhala masuk ke Kepri tersebut, mengutip dari Haluan Kepri (22/2), Gubernur Kepri HM Sani mengatakan keberadaan Pulau Berhala sebagai bagian dari Kabupaten Lingga yang masuk wilayah Provinsi Kepri tidak dapat digugat lagi. Gubernur berjanji akan mengarahkan pembangunan untuk mengembangkan parawisata dan sektor lain di pulau yang terletak pada bagian selatan Kabupaten Lingga tersebut.

Semoga keindahan Pulau Berhala semakin dikenal dan berpadu dalam Wisata Indonesia.

Referensi/Image:
http://www.jpnn.com/read/2013/02/22/159593/MK-Putuskan-Pulau-Berhala-Milik-Kepri-
http://haluankepri.com/batam/42569-berhala-milik-kepri-mk-tolak-gugatan-pemprov-jambi.html
www.mahkamahkonstitusi.go.id/index.php?page=download.Putusan&id=1298
www.mahkamahkonstitusi.go.id/index.php?page=download.Putusan&id=1301
http://syamsulhendry.blogspot.com/p/wisata-ke-kampong-kami.html
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

1 komentar :

  1. Wisata Murah mengatakan... :

    yupz. dengan status wilayah. para penulis jadi tidak bingung membari informasi pada pembaca, khususnya tentang eksotisnya pantai diplau berhala ini,, thank pak informasinya

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa