Kecakapan Hidup (Life Skills)

ADS HERE... ADS HERE...
Kecakapan hidup (Life Skill) yaitu kemampuan dan keberanian untuk menghadapi problema kehidupan, kemudian secara proaktif dan kreatif, mencari dan menemukan solusi untuk mengatasinya.

Pengertian kecakapan hidup lebih luas dari keterampilan vokasional atau keterampilan untuk bekerja. Orang yang tidak bekerja, misalnya ibu rumah tangga atau orang yang sudah pensiun, tetap memerlukan kecakapan hidup. Seperti halnya orang yang bekerja, mereka juga menghadapi berbagai masalah yang harus dipecahkan. Orang yang sedang menempuh pendidikan pun memerlukan kecakapan hidup , karena mereka tentu juga memiliki permasalahannya sendiri.

Kecakapan hidup dipilah menjadi empat jenis, yakni :
1. Kecakapan personal (personal skills) yang mencangkup kecakapan mengenal diri (self awareness), dan kecakapan berpikir rasional (thinking skills);
2. Kecakapan sosial (social skills);
3. Kecakapan akademik (academic skills);
4. Kecakapan vokasional (vocational skills).

• Kecakapan personal (personal skills)
Kecakapan mengenal diri pada dasarnya merupakan penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, anggota masyarakat dan warga negara serta menyadari dan mensyukuri kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, sekaligus menjadikan modal dalam meningkatkan dirinya sebagai individu yang bermanfaat bagi dirinya maupun lingkungannya.
Kecakapan berfikir rasional mencangkup : (1) Kacakapan menggali dan menemukan informasi (informating searching), (2) Kecakapan mengolah informasi dan mengambil keputusan (informating processing and decision making skills), serta (3) Kecakapan memecahkan masalah secara kreatif (creative problem solving skills).

• Kecakapan sosial (social skills)
Kecakapan sosial atau kecakapan interpersonal (interpersonal skills) mencangkup antara lain kecakapan komunikasi dengan empati (communication skills), dan kecakapan bekerja sama (collaboration skills).

Dua kecakapan hidup tersebut di atas biasanya disebut sebagai kecakapan hidup bersifat umum atau kecakapan hidup general (general life skills / GLS). Kecakapan hidup tersebut diperlukan oleh siapa pun, baik mereka yang bekerja mereka yang tidak bekerja dan mereka yang sedang menempuh pendidikan.

Kecakapan hidup yang bersifat spesifik (specific life skills / SLS) diperlukan seseorang untuk menghadapi problema bidang khusus tertentu. Untuk mengatasi problema “komputer yang rusak” diperlukan kecakapan khusus tentang komputer.

• Kecakapan akademik (academic skills)
Kecakapan akademik (academic skills) yang sering kali disebut juga kemampuan berfikir ilmiah pada dasarnya merupakan pengembangan dari kecakapan berpikir rasional pada GLS. Jika kecakapan berpikir rasional masih bersifat umum, kecakapan akademik lebih menjurus kepada kegiatan yang bersifat akademik/keilmuan. Kecakapan akademik mencangkup antara lain kecakapan melakukan identifikasi variable dan menjelaskan hubungannya pada suatu fenomena tertentu, merumuskan hipotesis terhadap suatu rangkaian kejadian, serta merancang dan melaksanakan penelitian untuk membuktikan suatu gagasan atau keingintahuan.

• Kecakapan vokasional (vocational skills).
Kecakapan vokasional (vocational skills) sering kali disebut dengan kecakapan kejuruan. Artinya kecakapan yang dikaitkan dengan bidang pekerjaan tertentu yang terdapat di masyarakat.
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

0 komentar :

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa