Kunjungan dan Komentar Pada Blog | Wajibkah Membalasnya?

ADS HERE... ADS HERE...
Memiliki dan membuat sebuah blog tentunya terdapat maksud dan tujuan tersendiri dari pemilik blog. Satu tujuan yang diyakini ada dari setiap pemilik blog adalah tentu kita berharap agar mendapatkan atau adanya banyak pengunjung yang mengunjungi blog yang telah kita buat dan membaca dari setiap postingan atau artikel-artikel yang telah kita posting, dan sedikit banyak tentu kita juga berharap ada dari pengunjung yang memberikan sepatah dua patah kata komentarnya, baik postingan yang merupakan hasil karya sendiri ataupun merupakan kutipan yang bersumber dari blog lain yang dipublikasikan kembali seperti konten cerita, berita, informasi, puisi, opini, edukasi, tutorial, tips, triks, dan lain-lain sebagainya.

Dengan ada, sering dan banyaknya kita mendapatkan kunjungan maupun komentar yang diberikan dari pemilik blog lain (tentunya komentar yang membangun dan dapat menjadikan dorongan maupun inspirasi) tentu kita akan merasa senang dan merasa berterima kasih, dan kita akan merasa bahwa artikel atau postingan yang kita buat memberikan kualitas tersendiri. Namun yang sering menjadikan pertanyaan, Apakah kunjungan dan komentar dari pemilik blog lain ini wajib untuk kita membalasnya?

Dalam dunia blogging, sering kita mengenal istilah kunjungan balik atau kunjungan balasan. Istilah ini biasanya juga diartikan membalas kunjungan dari pemilik suatu blog yang telah terlebih dahulu mengunjungi blog yang kita miliki. Saling mengunjungi dan membalas komentar memang bukanlah merupakan aturan tertulis dalam dunia blogging, melainkan menyangkut nilai moral dan etika, walaupun kita tidak meminta pemilik blog lain untuk mengunjungi dan memberikan komentarnya. Namun, membalas kunjungan dan komentar dari suatu blog dirasakan memang sangatlah perlu walaupun tidak ada aturan yang mengikatnya. Mengunjungi dan memberikan komentar balasan pada suatu blog lain, dengan sendirinya kita akan mendapatkan banyak keuntungan seperti mendorong pemilik blog untuk mengunjungi dan memberikan komentar, memberikan kualitas dari posting yang kita buat, menambahkan kepercayaan terhadap kita dan tentunya dapat lebih mempererat silaturahmi dan persahabatan sesama pemilik blog lain.

Memang terkadang adakalanya suatu saat kita tidak dapat atau belum bisa untuk membalas kunjungan dan komentar dari pemilik suatu blog, mungkin saja karena pengunjung kita semakin hari semakin banyak jumlahnya atau sedang kebanjiran pengunjung yang menjadikan kita kerepotan sendiri he he he ... (kapan ya... blog ini bisa kebanjiran pengunjung???) atau mungkin juga disaat kita harus melaksanakan kewajiban dan pekerjaan di dunia offline yang menyebabkan kita tidak bisa online untuk menyalurkan hobby ngeblog ini dalam waktu yang cukup lama, dan ini bisa menjadikan perasaan serba salah, tidak dibalas kita merasa tidak enak dan kita malah akan dianggap sombong (semoga saja saya tidak dianggap demikian ... he he he)!!!

Bagi saya, setiap kunjungan dan komentar yang telah saya berikan tidaklah ada kewajiban untuk membalasnya dan saya juga mengucapkan terima kasih pada sobat-sobat dan pengunjung semua atas kunjungan yang telah diberikan dengan diiringi rasa keikhlasan hati pada blog ini maupun blog lain yang saya kelola seperti PapaTiti Online, dan maaf seandainya ada blog sobat yang belum sempat untuk saya kunjungi balik.

Selamat berkarya .... happy blogging!!!
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

7 komentar :

  1. Iskaruji dot com mengatakan... :

    Kalo masalah ini saya berkata kepada para komentar anonim yang histeris banget saat berkomentar [pada post yang ia sukai. melihat perilaku ini saya jadi kepikiran, betapa piciknya kita jika kita mengunjungi hanya karena untuk mendapatkan kunjungan balik...

    Membalas komentar ada yang tergolong wajib untuk di jawab. Saat kita menuliskan sesuatu yang kemudian dibaca orang, maka saat itu ada sedikit tanggung jawab kita jika orang bertanya melalui komentar. Nah komentar ini bagi saya hukumnya fardhu..walaupun jawabannya, "maaf saya tidak tahu"..

    Untuk hal yang tersirat, mungkin niat kita menulis adalah untuk pembaca bukan untuk selain itu. Termasuk jg bukan untuk sesama blogger jika ia memang tidak membacanya. Artinya penilaian atas blog kita melalui kontennya hanya pembaca sajalah yang berhak menilai...So don't worry be happy and blogging aja Sob

  1. pepep mengatakan... :

    kalo itu dianggap baik untuk menjalin silaturahmi (walau cuma di dunia maya) kita perlu saling berbalas kunjungan. tentunya tdk dengan unsur paksaan (nilai moral dan etika).
    met malem kang Rendratwa. salam

  1. rendratwa mengatakan... :

    @ Iskaruji Dot Com..
    dalam mengunjungi suatu blog/site memang hendaknya kita harus berjiwa besar untuk tidak mengharapkan kunjungan balik dari pemilik blog tersebut. namun bukan berarti hal itu tidak ada timbal baliknya bagi kita, tanpa kita sadari dengan meninggalkan link pada komentar barangkali aja ada yang mengklik link tersebut untuk mengunjungi blog yang kita miliki dan dengan demikian sedikit banyak akan menambah jumlah pengunjung...

    so benar yang Mas Iskaruji katakan, membalas komentar ada yang tergolong wajib untuk di jawab sebagai bagian dari nilai moral dan etika seandainya komentar tersebut berupa pertanyaan yang sangat dinantikan jawabannya oleh pemberi komentar... thank for visit and happy blogging Mas!

  1. rendratwa mengatakan... :

    @ Pepep..
    antara dunia maya dan dunia nyata memang tidak ada bedanya selagi kita memanfaatkannya untuk tetap menjalin silaturahmi...

    salam juga Kang Pepep, mksih kunjungannya!

  1. reggae dot com mengatakan... :

    wah mantaps nih ijin nyimak ajah deh :)
    http://peace-reggae.blogspot.com/

  1. Bagus mengatakan... :

    Artikelnya bagus,dan sangat layak untuk di buat e-book, tapi gratis ya biar bisa di donlot he.. he... he...

  1. rendratwa mengatakan... :

    @reggae dot com..
    silahkan Sob, mksih atas kunjungan n maaf baru tau nih ada komen masuk disini..

    @Bagus..
    terima ksih Sob, silahkan aja semoga bermanfaat.., mksih juga atas kunjungan..

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa