NASA Temukan 11 Sistem Tata Surya Baru

ADS HERE... ADS HERE...
Satelit Kepler milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dalam misinya mengklaim berhasil menemukan 11 sistem tata surya baru yang berisikan 26 planet.

Temuan ini hampir dua kali lipat dari jumlah planet yang telah ditemukan, dan tiga kali lipat dari jumlah bintang yang dikitari oleh satu planet. Sistem tersebut diyakini akan membantu para astronom untuk mengerti tentang bagaimana planet membentuk sebuah tatanan.

Orbit planet-planet itu dekat dengan bintang yang menjadi pusat tata surya mereka. Ukurannya diperkirakan 1,5 kali ukuran Bumi. Bahkan, ada yang melebihi ukuran Jupiter. Lima belas planet diperkirakan seukuran Bumi atau Neptunus. Masih diperlukan pengamatan lebih jauh untuk memastikan apakah permukaan planet tersebut solid seperti bumi. Atau berselimut atmosfer tebal seperti Neptunus. Planet-planet tersebut berotasi mengelilingi mataharinya dalam waktu enam hingga 143 hari. Semuanya berjarak lebih dekat dari jarak Venus ke Matahari.

"kami mengetahui tentang peluang adanya 500 ekso-planet yang berada di galaksi," kata ilmuwan program Kepler, Doug Hudgins, di Markas NASA, Washington.

"Ketika dua tahun ini anda memandang bintang di langit yang tak lebih besar dari kepalan tangan anda, Kepler telah menemukan lebih dari 60 planet dan lebih dari 2.300 calon planet lainnya," kata Hudgins.

"Hal itu membuktikan bahwa galaksi kita berisikan planet berbagai ukurang dan orbit," katanya.

Kepler, yang diluncurkan pada Maret 2009, dirancang untuk menemukan planet seukuran Bumi yang berotasi mengelilingi bintang lain. Pesawat luar angkasa itu menggunakan kamera digital berukuran besar, yang disebut photometer, untuk memantau tingkat pancaran cahaya lebih dari 1.500 bintang yang berada dalam medan pandangannya ketika pesawat itu mengelilingi matahari.

Kepler memindai jarak tata surya tersebut dengan mencari "titik singgah", yang dicapai planet ketika melewati sebuah bintang, sehingga menyebabkan planet itu meredup. Tingkat keredupan itu menjadi patokan untuk pengukuran planet yang dibandingkan dengan mataharinya.

sumber
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

2 komentar :

  1. Iskaruji dot com mengatakan... :

    Semakin ketahuan bahwa alam semesta ini begitu luas...dan akansemakin bertambah seiring kemampuan manusia untuk mempel;ajarinya...nice share and happy blogging

  1. Wisata Murah mengatakan... :

    Maha Suci Alloh yag sudah membimbing orang Nasa menemukannya

    sangat luar biasa sekali ya di angkasa, ternyata masih banyak yang belum kita ketahui. nice info sob. happy blogging

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa