Supermoon Jarak Terdekat Bulan Dengan Bumi Sabtu 5 Mei 2012

ADS HERE... ADS HERE...
Supermoon Terjadi Lagi Sabtu 5 Mei 2012 - Supermoon sebelumnya terakhir kali terlihat pada Maret 2011. Fenomena alam Supermoon diperkirakan akan kembali terjadi pada akhir pekan ini Sabtu 5 Mei 2012. Kita bisa melihat supermoon atau lunar perigee di langit. Fenomena ini terjadi saat Bulan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi.

Supermoon

Supermoon merupakan suatu kondisi yang menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi. Ketika fenomena ini terjadi, bulan nampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer.

Dirilis detikcom, Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, mengatakan, ini kaitannya dengan jarak terdekat Bulan dengan Bumi. Bulan terlihat lebih besar dari biasanya, namun biasa susah untuk membedakannya.

Dia menjelaskan, jarak rata-rata Bulan dengan Bumi adalah 384 ribu km. Nah, pada saat supermoon terjadi, jarak Bulan dengan Bumi sekitar 357 km. Sehingga pada saat fenomena terjadi, jarak bulan lebih dekat 27 ribu km dari jarak rata-ratanya.

Kalau jarak terdekat dengan Bumi, sebenarnya setiap bulan juga terjadi. Tetapi ketika berada di jarak terdekatnya sedang dalam kondisi purnama tidak selalu terjadi, terangnya.

Dari sisi istilah sendiri, dalam ilmu astrologi supermoon dikaitkan dengan potensi bencana. Karena biasanya pengaruh dari fenomena supermoon ini di bumi akan diikuti dengan kenaikan air pasang atau naiknya air permukaan laut di beberapa daerah. Namun secara astronomi tidak terlalu istimewa karena merupakan hal yang wajar terjadi.

Menurut Space.com (30/4), supermoon pada 5 Mei mendatang merupakan jarak bulan dengan Bumi yang paling dekat di tahun 2012 ini. Saat peristiwa terjadi Bulan akan lebih besar dan lebih terang hingga 16 persen dari rata-rata.

Sayangnya hingga post ini dibuat, seperti juga yang diupdate sahabat blogger Iskaruji dot com, belum ada sumber yang merilis catatan perkiraan jam terjadinya fenomena Supermoon Sabtu 5 Mei 2012.

Ref: detikNews
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

4 komentar :

  1. Drieant mengatakan... :

    wah jam nya belum ada ya. kira kira kapan ya? penasan juga, di tivi aja ah. heheh

  1. Iskaruji dot com mengatakan... :

    hehe...salah malah mampir kali aja dah ada sumber jam perkiraannya...happy blogging pak!

  1. huyant mengatakan... :

    habis magrib katanya...

  1. abanggeutanyo mengatakan... :

    Supermoon terjadi pada puncaknya tanggl 6/5 pada pukul 11.34 waktu AS (Florida.
    Saat itu ukuran bulan terihat 14% lebih besar dan 30% lebih terang dari biasanya.
    Di Turki bulan terlihat sangat jelas lebih terang dan besar daripada biasanya..

    Itu hanya masalah rotasi saja, tidak ada kejanggalan tentang alam..

    salam hangat abang

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa