Gerhana Bulan Sebagian Senin 4 Juni 2012

ADS HERE... ADS HERE...
Gerhana Bulan Sebagian Senin 4 Juni 2012 - Awal bulan ini, alam kembali akan menunjukkan keindahannya. Setelah gerhana matahari cincin yang terjadi pada beberapa waktu lalu, kini giliran gerhana bulan sebagian akan memanjakan mata manusia pada Senin 4 Juni 2012 nanti. Namun, apakah semua wilayah di dunia bisa beruntung menyaksikan fenomena alam ini.

Gerhana Bulan Sebagian

Dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada tanggal 4 Juni 2012 akan terjadi Gerhana Bulan Sebagian (GBS) yang dapat diamati dari sebagian besar wilayah Amerika, Samudra Pasifik, Australia, Asia Timur, Asia Tenggara serta sebagian kecil Asia Selatan bagian Timur. Sementara pengamat di Asia bagian Barat, Afrika dan Eropa tidak dapat menyaksikannya.

Pengamat di Amerika dapat mengamati gerhana pada saat Bulan akan terbenam, sehingga prosesi akhir gerhana tidak akan teramati. Sementara pengamat di wilayah Pasifik, sebagian besar Australia bagian Timur dan Papua dapat mengamati keseluruhan prosesi gerhana.

Adapun pengamat di wilayah Asia Timur, Asia Tenggara serta Asia Selatan bagian Timur akan mengamati gerhana pada saat bulan akan terbit, sehingga prosesi awal gerhana tidak akan teramati. Terkecuali di bagian Timur Papua, pengamat di sebagian besar wilayah Indonesia tidak akan dapat mengamati proses awal gerhana ini karena gerhana sedang berlangsung pada saat Bulan terbit.

Gerhana Bulan sendiri merupakan suatu peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Pada tahun 2012 ini diprediksi terjadi empat buah gerhana berupa dua buah Gerhana Matahari dan dua buah Gerhana Bulan. Gerhana Matahari tersebut adalah berupa Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi pada 21 Mei 2012 dan Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi pada tanggal 14 November 2012. Adapun Gerhana Bulan yang terjadi adalah Gerhana Bulan Sebagian (GBS) yang terjadi pada tanggal 04 Juni 2012 dan Gerhana Bulan Penumbra (GBP) terjadi pada tanggal 28 November 2012.

Lihat Informasi selengkapnya Gerhana Bulan Sebagian Senin 4 Juni 2012.
ADS HERE... ADS HERE
ADS HERE...
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

2 komentar :

  1. Muhammad Endi mengatakan... :

    ane mau tunggu ah.. :D

  1. rendratwa mengatakan... :

    @Muhammad Endi..
    Thanks Sob atas kunjungan..

Posting Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

ADS HERE...

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks , in collaboration with MW3 , Broadway Tickets , and Distubed Tour | Modified by rendratwa