Dapodik Pendataan Dikdas Kemdikbud

Dapodik Pendataan Dikdas Kemdikbud
Pengecekan Data Dapodik Sekolah, Guru/PTK dan Peserta Didik - Saat ini pendataan pendidikan yang dalam hal di sini jenjang dasar telah menggunakan sistem online. Diberlakunya sistem online pendataan pendidikan ini maka segala unsur data pokok pendidikan (Dapodik) sekolah dan segala yang terkait dengan sekolah yang terintegrasi dari 3 entitas data pendidikan yakni Satuan Pendidikan, Guru/PTK dan Peserta Didik, datanya diinput dan dikirim secara online melalui aplikasi pendataan pendidikan.

Data Dapodik tersebut dikirim ke server database pusat pendataan dikdas oleh operator sekolah yang telah ditugaskan. Untuk pengecekan Dapodik yang datanya telah dikirim via aplikasi pendataan ke server database pusat pendataan dikdas, sekolah/operator aplikasi pendataan pendidikan masing-masing sekolah dapat mengeceknya di situs Info Pendataan Dikdas Kemdikbud di alamat http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id.

Sebagai langkahnya, cari dan pilih Propinsi lalu klik tanda plus (+) yang ada di samping kiri. Setelah terbuka, klik tanda plus (+) yang ada di samping kiri nama Kabupaten. Selanjutnya klik lagi tanda plus (+) yang ada di samping kiri nama Kecamatan untuk melihat daftar nama sekolah. Cari dan klik nama sekolah yang dimaksud.

Apabila data sekolah yang dikirim sudah diterima, terdapat keterangan tanggal diterima beserta status. Jika data sekolah telah berhasil diterima dan diproses, selanjutnya sekolah/operator sekolah dapat mengakses dan mengecek Dapodik secara online di Pendataan Dikdas Kemdikbud.

Buka server Manajemen Pendataan Pendidikan Direktorat Pendidikan Dasar di http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id. Untuk login di server, ketik username dan password sesuai dengan yang dipakai operator sekolah untuk masuk ke Aplikasi Pendataan. Jika berhasil akan tertulis "login berhasil, tunggu sebentar".

Dapodik Pendataan Dikdas Kemdikbud

Berikut tampilan halaman jika berhasil login.

Dapodik Pendataan Dikdas Kemdikbud

Data yang telah diinput dan dikirim via aplikasi pendataan terkait data pokok pendidikan (Dapodik) sekolah seperti sarana-prasarana, peserta didik maupun kelengkapan isian data guru/PTK, sekolah/operator sekolah bisa melihat atau mengeceknya secara online apakah data Dapodik yang dikirim tersebut telah valid.

Demikian sekilas share. Apa saja yang terkait, seputar Info Pendataan Dikdas selengkapnya dapat dilihat di website resminya di sini. Semoga bermanfaat.
Jika ini bermanfaat, dukung Pelitedabo menggunakan tombol di atas untuk berbagi dan mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di Twitter, Facebook, Lainnya... Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kolom komentar, Terima Kasih... !

1 komentar:

  1. Paryanto S Pd mengatakan...:

    HIDUP DENGAN IMAN AKAN AMAN,
    HIDUP DENGAN ILMU AKAN TERTOLONG, HIDUP DENGAN AGAMA AKAN BAROKAH.

    AMALAN TANPA ILMU AKAN SIA-SIA,
    ILMU YANG DIAMALKAN DENGAN PEDOMAN AKAN MENUNJUKKAN JALAN.

    DENGAN SABAR DAN SHALAT ; TUNGGU TERUS MESKIPUN BELUM BISA LOGIN DALAM MEREVISI DAPODIK SEMOGA MASIH DIBERI KESEMPATAN HARI BERIKUTNYA.
    Paryanto,spd
    SDN Tritihkulon 08 Cilacap
    081226721956

Poskan Komentar

Kunci untuk memberi dengan efektif adalah selalu terbuka untuk menerima
Terima kasih untuk komentar (sopan dan menyejukkan) yang disampaikan.
Komentar menggunakan cara Spam, SARA dan LINK AKTIF dengan segala maaf akan dihapus.

 
Copyright 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour | Modified by rendratwa